Minuman Khas Indonesia dengan Nama yang Nyeleneh

Pergijajan.com - Indonesia dikenal sebagai gudangnya kuliner enak, bukannya hanya makanan tapi juga minumannya. Uniknya minuman yang akan Pergijajan bahas saat ini yaitu minuman dingin, manis, segar, namun memiliki nama yang nyeleneh, kalau kids jaman now bilang anti-mainstream.

Penasaran dengan nama-nama unik berbagai minuman ini? Yuk dibaca sampai habis :)
  1. Es Air Mata Pengantin, merupakan minuman khas Pekanbaru Riau, minuman ini sering dijadikan sebagai suguhan minuman saat pernikahan, bahannya berupa agar-agar, nata de coco, sirup, selasih, pewarna merah, kuning, hijau. 
    Sumber : style.tribunnews.com
  2. Es Laksamana Mengamuk, masih dari Riau, "Laksamana mengamuk" ini berasal dari kisah seorang laksamana yang mengamuk. Konon istrinya dibawa kabur oleh pemilik kebun kweni. Karena kemarahannya, ia pun menghempaskan pedangnya ke segala arah dan membuat buah kweni jatuh dari pohonnya. Warga yang melihat kemudian memungut buah-buahan yang jatuh dan meraciknya jadi menjadi minuman. bahannya terdiri dari buah kweni matang, biji selasih, santan dan daun pandan. 
    Sumber : apasih.web.id
  3. Es Dawet Jembut Kecabut, diberi nama seperti ini dikarenakan lokasinya ada di sebelah timur Jembatan Butuh, Kecamatan Butuh dan disingkat Jembut Kecabut. Padahal dalm bahasa Jawa, jembut berarti bulu kemaluan dan kecabut artinya tercabut dari akarrnya. Ini merupakan es dawet yang berisi cendol hitam khas Purworejo. Harganya hanya sekitar 4000-an. 
    Sumber : willyodeng.com
  4. Es Teler, banyak sumber yang mengatakan kalau es ini diciptakan oleh pedagang es campur di Menteng bernama Tukiman Darmowijono. Racikan es ini sangat enak sehingga banyak anak muda yang mengaku "teler" setelah mengkonsumsinya. Es teler biasanya terdiri dari  Alpukat yang ditambahkan serutan kelapa muda, potongan nangka, susu kental, sirup, dan es serut. 
    Sumber : pinterest.com
  5. Es Palu Butung, merupakan salh satu es yang berasal dari Makassar. Meski namanya Palu yang berarti palu untuk memukul paku. Minuman ini ternyata tampilannya hampir sama dengan pisang ijo. Akan tetapi palu butung pisangnya tidak diberi lapisan. Potongan pisang kemudian ditambahkan dengan bubur sumsum dan sirup merah serta es batu. Selain menyegarkan es palu butung juga mengenyangkan. 
    Sumber : makassarguide.com



2 comments:

Powered by Blogger.