Lakukan Hal-Hal Berikut Untuk Menjaga Kesehatan Mata Anda



Terkadang kita sering lupa untuk merawat kesehatan mata. Padahal mata termasuk dalam lima indera terpenting dalam tubuh manusia. Mata bagaikan pelita dalam hidup kita, tanpa mata, kita tidak bisa melihat keindahan dunia dan wajah orang-orang terdekat kita. Maka dari itu untuk memastikan mata tetap sehat kita perlu menjaga kesehatan mata dengan melakukan beberapa hal berikut.




Konsumsi makanan sehat untuk mata
Penelitian menunjukkan bahwa makanan sehat yang mengandung berbagai nutrisi, seperti vitamin A, C dan E, zinc, lutein, selenium, dan asam lemak omega-3, dapat membantu menangkal masalah mata terkait usia, misalnya katarak dan degenerasi makula. Berbagai nutrisi tersebut bisa didapatkan dengan mengonsumsi sayuran berdaun hijau, salmon, tuna, telur, kacang-kacangan, wortel, dan jeruk.

Hindari kebiasaan merokok
Merokok dapat meningkatkan risiko penyakit katarak, degenerasi makula, dan kerusakan saraf optik yang mampu menyebabkan kebutaan serta merusak retina. Tanpa rokok, orang juga terhindar dari risiko diabetes yang mana penyakit ini juga turut menyumbang gangguan kesehatan pada mata.





Hindari menatap layar monitor terlalu lama
Kebiasaan terlalu lama menatap layar monitor membuat mata merah, iritasi, mata kering, penglihatan tidak jelas, mata lelah dan sakit pada leher serta kepala. Jika Anda bekerja di depan komputer sepanjang hari, tiap 20 menit alihkan pandangan mata sejauh 6 meter selama 20 detik, untuk mengurangi ketegangan pada mata. Atau bisa juga mengistirahatkan mata selama 15 menit tiap 2 jam sekali. Jika mata Anda terasa kering, seringlah mengedipkan mata.

Hindari membaca dalam cahaya yang redup
Untuk menjaga kesehatan mata, hindari membaca dalam cahaya lampu yang redup yang bisa menyebabkan ketegangan mata. Jika mata terasa lelah, berhenti untuk sementara waktu dan beristirahat.

Jangan menggunakan lensa kontak selama lebih dari 19 jam
Hal ini dapat menyebabkan kerusakan mata permanen serta ketidaknyamanan pada mata Anda. Jangan pula memakai kacamata terlalu lama.





Kurangi penggunaan tetes mata
Menggunakan tetes mata untuk mengatasi mata merah boleh saja, namun hanya sesekali. Jika berlebihan, itu malah akan merusak kesehatan mata Anda.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel